Teknologi yang Dapat Menambah Nilai Ekonomi Produk Hortikultura,Solar Dryer Dome

 bibitunggul.co.id – Proses pengeringan dengan cahaya matahari memang terbilang murah dan mudah dilakukan, hanya saja kerusakan dari proses ini terbilang cukup tinggi. Kerusakan sering kali disebabkan oleh hujan dan serangan serangga, burung, serta jamur.

 Solar dryer dome merupakan teknologi pengeringan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan yang selama ini dialami petani. Proses pengeringan produk hortikultura bertujuan menjaga daya tahan produk agar dapat bertahan lebih lama dengan kualitas yang baik. Namun, sayangnya proses pengeringan tradisional dengan sinar matahari sering mengalami kendala karena kondisi cuaca yang sulit ditebak.

Bantuan fasilitas tersebut berfungsi untuk menjaga produk yang dihasilkan oleh petani dari kontaminasi debu, air hujan, dan cahaya ultraviolet. Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto mengingatkan kepada para petani untuk terus menjaga kualitas dan higienitas produk agar nilai ekonomis produk yang dihasilkan dapat meningkat.

Kementerian Pertanian telah memberikan fasilitas pengering solar dryer dome sejak 2019 kepada pelaku usaha pengolahan yang masih menggunakan pengeringan tradisional.

Solar dryer dome merupakan pengering yang memanfaatkan tenaga matahari, bukan tenaga listrik. Dome ini dibangun dengan menggunakan bahan polycarbonate yang dapat bertahan selama 10 sampai 30 tahun. Lantai dome terbuat dari beton atau semen sehingga suhu panas di dalam dome lebih merata dan tidak bocor. Dengan begitu, proses pengeringan akan berjalan dua kali lebih cepat.

“Bantuan bangunan pengering tenaga matahari ini akan terus digenjot agar petani/pelaku usaha hortikultura dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat dijual sampai ke luar negeri,”

Petani hortikultura asal Karangasem, Bali, Mandi, membagikan pengalamannya menggunakan solar dryer dome saat mengeringkan cabai.

Produk hortikultura dapat dimasukkan ke dome pada pagi hari, nantinya sinar matahari akan masuk dan panasnya terserap ke dalam dome. Keunggulan dome pengering ini ialah menjaga produk pertanian dari kontaminasi sehingga produk lebih higienis.

“Pengeringan dengan solar dryer dome sangat membantu sekali dalam mengeringkan cabai Bali, saya panen waktu mendung dan langsung dimasukkan ke dalam solar dryer dome, hasilnya cabai kering sampai bagian dalam, cabai tidak berjamur dan warna masih merah,” jelas Mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *