Untuk Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan,Bantuan Ratusan Lampu LED

bibitunggul.co.id – Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut. Pamuji mengungkapkan pemberian bantuan lampu LED kepada Kompak merupakan wujud atensi pemerintah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir dan bentuk kepedulian terhadap nilai kelestarian lingkungan.

Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) mendapatkan bantuan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan tersebut berupa lampu LED 30 watt sebanyak 724 unit yang diserahkan kepada Kelompok Cinta Bahari di Desa Mattiro Matae, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan. Pemberian bantuan diberikan melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL).

Kepala BKKPN Kupang, Imam Fauzi, menyampaikan, jajarannya siap berkomitmen mendukung kemajuan masyarakat pesisir sebagai pemanfaatan kawasan konservasi.

“Pemerintah punya andil penuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan kelestarian alamnya. Bantuan Kompak untuk masyarakat Desa Mattiro Matae yang tergabung dalam Kompak Cinta Bahari ini memang perlu dilakukan agar dapat membantu dan memudahkan masyarakat yang masih sulit meninggalkan kegiatan menangkap ikan dengan cara yang merusak atau destructive fishing,” papar Pamuji 

Imam mengatakan, bantuan lampu LED ini memang agak berbeda dibanding bantuan-bantuan sebelumnya. Namun, pihaknya sudah melakukan berbagai peninjauan di lapangan sehingga lampu LED akan bermanfaat untuk menyejahterakan nelayan dan menjaga lingkungan.

“Sebagai pihak pengelola, kami sangat mendukung kegiatan nelayan yang ramah lingkungan ini. Dengan lampu, mereka sudah bisa memenuhi kegiatan sehari-hari tanpa merusak lingkungan, khususnya ekosistem terumbu karang,” terang Imam.

Masyarakat setempat terlihat antusias menerima bantuan tersebut dan meninggalkan cara tangkap yang tidak ramah lingkungan, seperti bom dan bius.

Bantuan lampu LED yang telah diberikan merupakan alat penerangan yang digunakan untuk menangkap ikan teri. Di Kupang, ikan tering disebut ikan mairo. Ikan kecil-kecil ini bersifat fototaksis positif atau berenang mendekati cahaya pada malam hari. Lampu LED 30 watt tersebut dapat memancing ikan teri berkumpul. Total bantuan yang diberikan senilai Rp109.632.000.

Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi mendapatkan bantuan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan tersebut berupa lampu LE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *