Sudah Manfaatkan Program KUR,12.250 Petani Daerah Ini,Berikut Nama Derahnya!

 bibitunggul.co.id – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Beuru di Sidikalang, mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) menunjukkan peningkatan yang menggembirakan.

Sebanyak 12.250 petani di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sudah memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pemerintah atau 26 persen dari jumlah petani pemegang kartu tani yang ada daerah itu.

Ia mengatakan total serapan KUR dan layanan Kredit Ultra Mikro di Kabupaten Dairi per November 2021 tercatat sebesar Rp420 miliar dengan debitur mencapai sebanyak 14.903 orang atau meningkat 30 persen dibanding Tahun 2020.

“Dimana dari 46.800 orang pemegang kartu tani, sebanyak 12.250 petani atau 26 persen sudah memanfaatkan program KUR pemerintah,” katanya saat memimpin rapat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Dairi.

Serta melihat langsung permasalahan di lapangan untuk memberikan solusi yang tepat, agar capaian dari Tim ini semakin maksimal dan memberi dampak ekonomi yang semakin baik bagi masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat Dairi.

Dengan peningkatan itu, ia berharap agar TPAKD Kabupaten Dairi bisa bekerja lebih baik lagi dengan melakukan koordinasi dengan semua lini termasuk turun langsung ke lapangan, ke akar rumput ekonomi yaitu petani atau ke sektor pertanian.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian, Lipinus Sembiring, selaku Sekretaris TPAKD Kabupaten Dairi melaporkan pihaknya sudah menggelar kampanye bulan inklusi keuangan sebulan penuh yang digelar dari 11 Oktober sampai 12 November 2021.

“Pimpinan Bank harus siap berlumpur agar masyarakat cepat memperoleh solusi permodalan, bersinergi dengan pertanian meningkatkan produktivitas petani, serta menjamin harga produksi melalui ekosistem KUR Klaster, sehingga petani kita mendapatkan manfaat pendampingan permodalan, produksi dan pemasaran yang terintegrasi,” katanya.

“Kegiatan yang digelar diantaranya kegiatan pelayanan perbankan di Pasar dan Kantor Camat, Sosialisasi Koordinasi bersama pengurus Bumdes dan Kepala Sekolah SD, SMP se-Kabupaten Dairi yang bertujuan mengakselerasi tingkat akselerasi dan inklusi keuangan bagi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Dairi,” tukasnya.

Kampanye digelar di seluruh kecamatan dengan melibatkan para pihak perbankan yang ada di wilayah Kabupaten Dairi diantaranya BRI KC Sidikalang, Bank Sumut KCP Sidikalang, Bank Mandiri KCP Sidikalang, BNI KCP Sidikalang dan BPR NBP 08.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *