Inilah Fakta Menarik Kuda Laut!

 bibitunggul.co.id – Kepala kuda laut membentuk siku-siku. Ukuran kepalanya bervariasi mulai dari 16—35 cm. Hewan ini bisa kita temui di perairan tropis bersama dengan ganggang laut dan tumbuhan lainnya. Di beberapa spesies, sebagian tubuhnya berwarna transparan, jadi tidak mudah terlihat oleh mata manusia. Tiap kali berenang, mereka selalu menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah untuk bisa bergerak. Lucunya mereka tidak bisa menggelengkan kepala atau menoleh ke kanan atau ke kiri. Satu lagi, mata kuda laut dapat bergerak berputar 360 derajat dan melihat sekelilingnya dengan mudah, tanpa harus menggerakkan kepalanya.

 Kuda laut termasuk dalam jenis ikan. Hewan ini bernapas menggunakan insang sama seperti ikan. Bentuk mulutnya yang seperti kuda inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis ikan lainnya. Berikut beberapa fakta menarik kuda laut.

Punya perlindungan unik

Kuda laut memiliki kulit luar yang keras seperti batu. Kulit ini sering disebut baju zirah atau ‘baju besi.’ Fungsinya sebagai pelindung dari bahaya. Kulit ini sangat sulit untuk dihancurkan, bahkan dengan tangan manusia sekalipun.

Cara makan kuda laut

Kuda laut punya cara makan yang sangat unik. Mereka akan mengaitkan ekornya di rumput-rumput laut dan terumbu karang kemudian menghisap makanan serta plankton dengan moncongnya. Makanan utama kuda laut adalah plankton dan hewan kecil seperti udang. Dalam sehari, kuda laut memakan lebih dari 3.000 udang.

Kuda laut jantan bisa jadi ayah dan ibu

Kuda laut jantan memiliki tugas yang berat. Ternyata, merekalah yang mengandung dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, bukan sang betina. Kuda laut betina hanya bertugas memproduksi dan mengeluarkan telur. Kemudian, telur-telur tersebut disimpan dalam perut si jantan. Kuda laut jantan yang nantinya akan menjaga, membawanya sampai telur ini menetas, dan melepaskan bayi-bayi kuda laut ke air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *