Miliki Bentuk Mirip Mawar Sepanjang 3 Km Ilmuwan Temukan Terumbu Karang Raksasa

bibitunggul.co.id – Terumbu karang raksasa itu terletak di kedalaman lebih dari 30 meter. Terumbu karang ini mungkin membutuhkan waktu sekitar 25 tahun untuk tumbuh. Para ilmuwan menjelaskan bahwa beberapa karang berbentuk mawar berdiameter lebih dari dua meter.

 Belakangan ini para ilmuwan telah menemukan terumbu karang raksasa berbentuk mawar sepanjang 3 km (1,8 mil) yang masih asli di lepas pantai Tahiti.

Tim ilmuwan mengungkapkan bahwa terumbu karang berbentuk mawar tersebut berada di ‘zona senja’ di kedalaman 30 hingga 120 meter di bawah permukaan laut. Menurut para ilmuwan kedalam laut ini masih memiliki cukup cahaya bagi karang untuk tumbuh dan berkembang biak.

“Sungguh memukau untuk menyaksikan karang mawar raksasa yang indah yang membentang sejauh mata memandang. Itu seperti sebuah karya seni,” kata fotografer Prancis Alexis Rosenfeld, yang memimpin tim penyelam internasional yang membuat penemuan itu, dikutip dari Aljazeera.

Kepala Kebijakan Kelautan UNESCO, Julian Barbiere mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa penemuan oni juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana terumbu karang menjadi lebih tahan terhadap perubahan iklim.

Menurut para ilmuwan UNESCO, penemuan karang di lepas pantai Tahiti menunjukkan mungkin ada lebih banyak lagi terumbu besar yang tidak diketahui di lautan, mengingat hanya sekitar 20 persen dari seluruh dasar laut yang dipetakan.

“Lebih banyak dasar laut perlu dipetakan untuk menjaga keanekaragaman hayati laut dengan lebih baik. Kita tahu lebih banyak tentang permukaan Bulan atau permukaan Mars daripada bagian laut yang lebih dalam,” ujar Julian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *