Cara Merawat Dan Menanam Dadap Merah

bibitunggul.co.id – Ada banyak cara agar bisa menghias rumah, salah satunya adalah menggunakan tanaman hias. Tanaman hias pun beragam pilihan corak maupun warnanya. Salah satunya adalah tanaman Dadap Merah (Erythrina crista-galli). Tanaman yang satu ini pas sekali digunakan sebagai pelengkap koleksi pada taman. Pasalnya warna tanaman ini terlihat mencolok sehingga dapat menarik perhatian termasuk burung untuk hinggap. Ini dia informasi lengkapnya.

Cara Merawat Dadap Merah (Erythrina crista-galli)

Setelah menanam tanaman tersebut berhasil, selanjutnya adalah merawat tanaman Dadap Merah. Tujuannya adalah tanaman ini bisa tumbuh besar, baik, sehat dan tentunya bisa terhindar dari hama-hama pengganggu. Berikut ini informasinya.

1. Cocok pada Semua Media Tanam

Merawat tanaman Dadap Merah ini tidak begitu sulit. Apabila tanaman dalam pot sudah besar, tanaman ini bisa dipindahkan pada tanah jenis apapun yang sedikit berpasir dan berdrainase baik. Misalnya pada tanah-tanah yang bergaram, tanah-tanah yang terendam air secara berkala, maupun tanah kapur berkarang namun dengan kisaran pH tanah antara 4,5 sampai 8.

2. Tempatkan Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Tanaman Dadap Merah ini merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung. Jadi, tempatkan tanaman ini sampai mengenai sinar matahari. Apabila tanaman ini di tanam di dalam pot, usahakan setiap pagi pot tersebut dipindah atau ditempatkan di bawah sinar matahari langsung tanpa naungan apapun. Dengan begitu biji akan berkecambah setelah sekitar 8 sampai 10 hari dan tanaman akan tumbuh cepat dengan ketinggian mencapai 30 sampai 50 cm dalam waktu 8 sampai 10 minggu.

Ciri, Bentuk dan Warna

Sama seperti namanya, bunga dari tanaman ini berwarna merah yang terlihat pekat dan indah. Hal ini menyebabkan menarik perhatian burung untuk berdatangan dan menyerbukinya.  Bunga-bunga tersebut terlihat tersusun seperti di dalam tandan yang berbentuk kerucut. Bunga ini biasanya muncul tatkala daun berguguran dan berada di samping atau di ujung ranting yang gundul.

Pada umumnya tanaman yang termasuk dalam spesies Erythrina crista-galli ini dapat tumbuh hingga mencapai  5 sampai 10 m. Selain itu, tanaman ini  juga memiliki lingkar batang yang berukuran 20 inch atau 50,8 cm. Batang pohon Dadap Merah ini berkayu dengan cabang yang tidak beraturan sekaligus berduri. Cabang-cabang ini terlihat membentuk sebuah lapisan tanpa bentuk pasti dan biasanya langsung mati setelah berbunga.

Biji dan buah pada tanaman ini berbentuk polong tebal, berambut halus dan bertangkai. Posisi buahnya berada menyempit diantara biji-biji yang berukuran 15 sampai 20 cm x 1,5 sampai 2 cm. Sedangkan isinya bisa berisi 5 sampai 10 butir biji yang berbentuk seperti telur dan berwarna coklat, merah atau ungu mengkilap. Namun, pada saat masih muda, polong tersebut berwarna hijau.

Mahkota bunga dari bunga tersebut dominan berwarna merah jingga hingga berwarna merah gelap dengan ukuran 5,5 sampai 8 × 8 cm. Selain itu ciri lainnya adalah berkuku pendek dan tidak bergaris putih. Tidak hanya itu saja, kelopak bunganya berbentuk gamosepalus atau tidak terbagi atas daun kelopak tetapi berfusi menjadi satu kesatuan layaknya bidal merah kecil.

Cara Menanam Dadap Merah (Erythrina crista-galli)

Tanaman Dadap Merah (Erythrina crista-galli) diyakini dapat membantu kesehatan. Yakni sebagai obat anti malaria. Hal ini dikarenakan dalam tanaman ini mengandung senyawa alkaloid kuinin. Tak jarang tanaman ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah. Berikut ini ada beberapa langkah menanam Dadap Merah dengan baik agar bisa tumbuh besar.

  1. Siapkan air hangat dengan suhu mencapai 80oC dalam baskom.
  2. Masukkan biji atau bibit dari tanaman Dadap Merah ke dalam air hangat tersebut dan rendam selama 10 menit.
  3. Siapkan baskom lain yang berisi air biasa.
  4. Angkat biji atau bibit Dadap Merah dari baskom air hangat lalu masukkan ke dalam baskom air biasa.
  5. Rendam hingga semalam.
  6. Apabila biji atau bibit sudah direndam semalam, taburkan di pekarangan atau dalam pot. Jangan lupa untuk memilih tanah yang sedikit berpasir dan memiliki drainase yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *