Site icon Bibit Unggul

Begini Cara Merawat Ikan Mas Dengan Mudah untuk Dipelihara

bibitunggul.co.id – Apapun tempatnya, yang pasti memelihara ikan ini tidaklah sulit. Kunci memelihara ikan ini adalah ketelatenan, ketekunan serta perhatian. Jika perawatannya baik, maka umur ikan bisa bertahan sampai tiga tahun.

 Ikan mas adalah ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara dan dibudidaya. Beberapa dari pecintanya ada yang memelihara di dalam kolam ikan atau ada juga yang memasukkan ke dalam akuarium.

Berikut cara merawat ikan mas di rumah :

1. Menjaga kondisi air

Semua jenis ikan membutuhkan perawatan air untuk hidup, termasuk ikan mas koki. Air ini sangat krusial untuk menjaga kesehatan ikan. Dengan menggunakan filter maka kualitas air akan lebih terjaga. Jangan lupa juga untuk membuang sebagian air di akuarium dan menggantinya dengan yang baru.

2. Pemilihan wadah

Pilih wadah baik itu kolam atau akuarium yang ukurannya cukup besar agar ikan dapat bergerak dengan bebas. Pemilihan ini juga mempertimbangkan akan kebutuhan ruang dari jumlah ikan dan aksesoris yang dimasukkan.

3. Cara memberi makan

Itu tadi tips dan cara perawatan penting dalam memelihara ikan mas. Sebenarnya hal itu tidaklah sulit, asal dilakukan dengan ketekunan dan konsistensi untuk merawat ikan mas. Tujuannya agar ikan mas peliharaan kamu tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Ikan ini jangan terlalu sering diberikan makan. Cukup diberi makan sekali sehari saja. Selain itu beri secukupnya saja jangan terlalu banyak. Hal ini untuk mencegah ikan kekenyangan dan akuarium tidak cepat kotor.

4. Menentukan aksesoris

Ikan mas membutuhkan pompa atau pembuat gelempung agar air terus terisi oksigen. Selanjutnya aksesoris yang dibutuhkan adalah filter. Filter berfungsi untuk membersihkan air dari senyawa kimia berbahaya dan limbah. Menaruh batu-batuan di dasar juga dianjurkan karena bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri baik.

5. Menjaga kebersihan akuarium

Kebersihan akuarium juga harus diperhatikan. Rutinkan untuk membersihkan akuarium agar terhindar dari berbagai macam kotoran, lendir, limbah, dan alga.

Exit mobile version