Ada di Muka Bumi, Yuk Intip Ciri Ciri Ikan sebagai Satwa Air

bibitunggul.co.id – Secara umum, ikan terbagi dalam tiga jenis, yaitu ikan air laut, ikan air tawar dan ikan air payau. Menurut penelitian, kira-kira terdapat 27.000 jenis ikan yang hidup dan tersebar di seluruh penjuru dunia.

Ikan merupakan salah satu jenis hewan peliharaan. Selain dipelihara, kita juga tidak asing dengan hewan ini, karena kerap dikonsumsi sebagai menu sehari-hari. Ciri ciri ikan yang paling mudah dikenali adalah ekor dan siripnya. Kedua bagian tubuhnya ini berfungsi untuk memudahkan mereka berenang di dalam air.

Ciri ciri ikan secara umum

Pada dasarnya, mereka termasuk kategori poikilotermik atau biasa disebut dengan hewan berdarah dingin dan suhu tubuhnya dipengaruhi dengan kondisi lingkungannya. Ia mampu beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan di sekitarnya.

Seperti yang sudah diketahui, hampir semua jenis ikan memiliki tubuh yang ditutupi oleh sisik dan berlendir. Memiliki gelembung renang yang fungsinya untuk membantu proses pernapasan dan pengatur gerak tubuh.

Alat kelaminnya terpisah atau hermaprodit, dan mengalami sistem fertilisasi secara internal (dalam tubuh) dan eksternal (luar tubuh), dengan berkembang biak dengan cara bertelur.

Dalam bernafas, ia menggunakan insang. Insang ini merupakan organ yang memiliki ribuan pembuluh darah kecil atau kapiler.

Sistem peredaran pada ikan adalah tunggal, yakni peredaran darahnya hanya dilakukan satu kali melalui jantung. Sementara alat ekskresinya, mereka menggunakan ginjal yang berjenis pronefron dan mesonefros.

Namun ada juga jenis ikan yang bersifat vivipara dan ovovivipar. Mereka memiliki alat indera berupa mata, telinga dalam, pembau, dan gurat sisi untuk mengetahui perubahan tekanan air.

Mereka juga tergolong hewan vertebrata atau bertulang belakang, dengan sistem peredaran darah yang tertutup. Untuk alat ekskresi berupa ginjal dan sistem pencernaannya lengkap.

Sistem koordinasi terhadap sistem saraf pusat pada ikan adalah otak dan sistem tulang belakang beserta sistem hormon.

Dari berbagai macam jenis ikan, ada beberapa jenis yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah :

Ciri ciri ikan mas

Bagian mulutnya ada dua pasang sungut yang berukuran pendek. Ia juga termasuk dalam ikan air tawar, seperti di pinggiran sungai atau danau.

Ikan mas sudah tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk agak memanjang dan pipih tegak. Sisiknya tersusun teratur pada seluruh tubuhnya.

Ciri ciri ikan nila

Biasanya ikan ini sekali berkembang biak, mampu menghasilkan telur sebanyak 300-1.500 butir, tergantung pada ukuran tubuh masing-masing.

Selain ikan lele dan ikan mas, ikan nila juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai menu makanan. Menurut sejarah ikan ini pertama kali ditemukan di sungai Nil, Mesir.

Tubuh ikan ini bisa tumbuh mencapai 30 cm, dengan adanya sirip punggung yang tajam dan sirip dubur. Ia memiliki warna hitam atau abu-abu, dengan beberapa belang pada ikan nila dewasa.

Ciri ciri ikan lele

Ikan memiliki ciri-ciri badannya yang pipih memanjang, memiliki “kumis” pada ujung kepalanya, dan tubuhnya yang licin. Mereka bersifat bersifat nokturnal atau aktif mencari makanan ketika malam hari.

Ikan lele adalah ikan yang paling populer dan sering dikonsumsi dengan berbagai olahan. Ikan ini termasuk ikan air tawar, yang banyak hidup di sungai, rawa, hingga sawah genangan air.

Ciri ciri ikan cupang

Untuk bernafas, ikan ini memiliki alat pernapasan tambahan yang bernama labirin. Mereka berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar.

Ikan ini termasuk ikan hias air tawar. Corak di tubuhnya sangat indah, sehingga banyak yang memburu ikan ini untuk dimasukkan ke dalam akuarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *