Site icon Bibit Unggul

Cara Merawat Ikan Cupang yang Sudah Tua

bibitunggul.co.id – Ikan jenis ini biasanya hidup sekitar dua hingga lima tahun. Diusia itu, maka ikan cupang sudah tua dan butuh perawatan khusus untuk membuatnya hidup lebih lama. Meskipun hidupnya dipengaruhi oleh kombinasi genetik dan lingkungannya.

 Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara. Di mana popularitasnya kian meningkat sejak pandemi COVID-19.

Melansir dari Residence style, berikut cara merawat ikan cupang yang sudah tua.

Taruh banyak tanaman

Oleh sebab itu, kamu harus menempatkan tanaman atau sutra dalam akuariumnya untuk meredakan kecenderungannya. Hal ini akan memungkinkancupang untuk tetap berada di permukaan, apalagi saat kamu sedang mengganti tanamannya.

Ikan akan mengalami performa seiring bertambahnya usia, sehinga merawat ikan cupang yang sudah tua harus memberikan banyak waktu istirahat untuknya. Ada fakta yang menyebutkan bahwa cupang yang berusia tua akan cenderung tidur siang di sepanjang hari.

Turunkan ketinggian air

Jika ketinggian air secara normal akan menyulitkan ikan bernapas. Cukup mengatur ketinggian air dengan ukuran sekitar 4 hingga 5 inci. Cara ini diharapkan akan memperpanjang umur ikan tersebut.

Langkah pertama merawat ikan cupang yang sudah tua adalah menurunkan ketinggian air. Pasalnya ikan yang sudah berumur akan mengalami penurunan fungsi pernapasan, sehingga kamu perlu menurunkan ketinggian air seiring berjalannya waktu.

Sediakan obat-obatan

Ketika cupang usia tua terserang penyakit kamu mungkin memerlukan garam untuk pemulihan. Namun sebetulnya cara paling efektif adalah dengan memilih obat yang diperlukan. Kamu harus memastikan penyebab sakitnya ikan ini sehingga kamu tidak salah memberi obat pada cupang.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa seiring bertambahnya usia, cupang akan cenderung kehilangan performa. Tak jarang mereka akan sering jatuh sakit. Saat  cupang yang berusia tua sakit maka peluang hidup mereka akan semakin tipis.

Naikkan sedikit suhu air

Pastikan suhu tetap terjaga dengan suhu sekitar 81-82 fahrenheit. Di mana suhu tersebut cukup ideal untuk usia cupang yang mulai menua. Hal ini berfungsi untuk menjaga cupang tetap hangat dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit tertentu.

Ikan hias ini biasanya akan kehilangan suhu tubuh relatif seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan oleh penurunan kinerja aliran darah pada tubuh ikan. Maka dari itu, kamu bisa meningkatkan suhu air pada akuarium, yang bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh.

Exit mobile version