Untuk Mencegah Gumboro pada Ayam Kampung,Inilah Resep Jamunya

bibitunggul.co.id – Vaksin menjadi salah satu kunci untuk mencegah penyakit ini semakin meluas. Setelah itu, terapkan sistem biosekuriti yang tepat dan jaga lingkungan kandang untuk selalu bersih. Selain vaksin, Anda juga bisa membuat jamu herbal untuk mencegah serangan gumboro pada ayam kampung. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan.

Gumboro merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang bagian kelenjar sistem kekebalan tubuh ayam sehingga ayam tidak memiliki sistem kekebalan tubuh. Ayam yang sudah terkena gumboro mudah lesu, tubuh gemetar, gerakan tidak terkendali, dan iritasi pada bagian dubur. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang bisa mengatasi penyakit gumboro. Peternak harus sejak dini mencegah gumboro pada ayam kampung.

Bahan-bahan:

  • Kunyit
  • Lempuyang
  • Gula merah (jangan gunakan gula pasir)

Cara membuat:

  1. Cuci bersih terlebih dahulu kunyit dan lempuyang, lalu parut atau diblender hingga halus.
  2. Campurkan dengan gula merah yang sudah dilarutkan dengan air.
  3. Rebus semua bahan dan campurkan dengan 2—3 liter air.

Jika diandaikan kebutuhannya sebanyak 50 liter, dibutuhkan 1,5 kg bahan baku/hari. Komposisi bahan baku tersebut adalah ½ kg kunyit, ½ kg lempuyang, dan ½ kg gula merah.

Komposisi semua bahan yang dibutuhkan adalah 1:1:1. Jumlah bahan yang diperlukan bergantung pada jumlah ayam yang dimiliki. Jika jumlah ayam ada 1.000 ekor dan berumur 3 minggu, kebutuhan pakan untuk anak ayam berumur 3 minggu adalah 15 gram/ekor. Sementara itu, kebutuhan minumnya sebanyak 45 liter air minum/hari. Dari 45 liter diambil 3 persen sebagai patokan kebutuhan bahan pembuatan herbal gumboro.

Pemberian jamu dilakukan melalui air minum dengan cara dicekok jika serangan yang terjadi sudah cukup parah. Namun, jika serangan sudah terjadi sangat parah ayam tersebut pasti mati. Pengalaman dari beberapa peternak yang sudah mengalami kejadian tersebut, sebanyak 6 persen dari total populasi ekor ayam yang dipelihara pasti terserang gumboro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *