Site icon Bibit Unggul

Ini Penjelasannya Mengapa Ikan Mas Koki Cepat Mati

bibitunggul.co.id – Ikan mas koki menjadi salah satu ikan hias yang paling banyak diminati. Biasanya ikan ini akan ditempatkan di dalam akuarium, karena warna dan bentuknya yang menarik. Namun sayang, ikan cantik ini termasuk  ikan hias yang paling cepat mati. 

Melansir sejumlah sumber, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ikan mas koki cepat mati.

Memberi makan terlalu banyak

Semakin banyak ikan makan, kotoran yang dia buang pun akan semakin banyak. Racun dari kotoran itu dapat meningkatkan produksi amonia.

Makanan ikan yang diberikan terlalu banyak dapat menyebabkan kualitas air menjadi buruk. Pemberian makanan berlebih ini menjadi penyebab ikan mas koki cepat mati.

Kualitas air

Ikan hias ini membutuhkan air dalam suhu tertentu. Makanan ikan dan kotoran ikan dalam air akan membuat air mengandung zat amonia. Zat ini dapat menjadi racun yang membakar ikan, merusak insang dan sirip.

Kelangsungan hidup ikan hias dalam akuarium bergantung pada kualitas airnya. Nah, kualitas air yang kotor menjadi salah satu alasan kenapa ikan mas koki cepat mati.

Sebaiknya, gantilah 10 persen air seminggu sekali, namun jangan biarkan air dalam akuarium juga terlalu bersih karena dapat merusak kultur bakteri yang menangani kotoran ikan. Alangkah baiknya jika kamu membersihkan akuarium tidak menggunakan sabun.

Infeksi bakteri

Tanda-tandanya seperti sirip membusuk, mouth rot, sariawan dan septicemia. Parasit bisa menjadi penyebab infeksi bakteri yang dialami oleh ikan mas koki jadi penyebab kenapa ikan ini cepat mati.

Bakteri jahat dalam akuarium dapat menyerang ikan yang tidak sehat, stres, terluka dan lemah. Bakteri ini menyebabkan infeksi eksternal maupun internal.

Sakit

Tuberkulosis menjadi salah satu penyebab ikan mas koki cepat mati. Bisa saja ikan itu sudah mengalami stres sebelum dibeli. Salah satu faktornya karena ditempatkan dengan ikan lainnya yang berjumlah banyak. Meski demikian, penyakit ini tidak ada obatnya. Sebaiknya, beli dari orang yang memang membudidayakan ikan tersebut.

Ikan ini seringkali mengalami tuberkulosis. Studi mengungkapkan 63 persen ikan yang mati mendadak karena terinfeksi penyakit ini.

Akuarium baru

Selain itu, lakukan pengaturan pada akuarium seperti suhu air, ekosistem akuarium, filter air, gelembung udara dan lainnya.

Penyebab ikan mas koki cepat mati biasanya karena penggunaan akuarium baru. Sebaiknya lakukan pendewasaan air terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan ke dalam akuarium.

Exit mobile version