Beberapa Sisi Negatif dari Terapi Ikan

bibitunggul.co.id – Meski terlihat menyenangkan dan menyehatkan, terapi ikan memiliki sejumlah sisi negatif yang perlu diperhatikan. Untuk diketahui, ikan yang digunakan dalam terapi ikan adalah ikan Garra rufa.

Terapi ikan seringkali dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit bagian kaki.

Melansir dari sejumlah sumber, ada beberapa sisi negatif dari terapi ikan.

1. Luka

Sisi negatif terapi ikan juga dapat menyebabkan luka pada kuku. Ikan dalam terapi ini bertugas untuk menggigit sel kulit mati tetapi dapat menyebabkan trauma yang menghentikan produksi lempeng kuku di kuku kaki.

2. Menyiksa ikan

Sisi negatif terapi ikan adalah tidak manusiawi karena membiarkan ikan-ikan tersebut kelaparan untuk memakan kulit mati manusia.

3. Infeksi

Sisi negatif dari terapi ikan adalah dapat menyebabkan infeksi. Hal itu dilatarbelakangi oleh pemilik terapi yang enggan mengeluaran dana lebih karena ikan yang sama akan digunakan berulang kali untuk pelanggan yang berbeda-beda. Ikan Garra rufa memiliki strain Streptococcus Agalactaie group B yang dapat menyebabkan pneumonia serta infeksi tulang dan sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *