Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Memelihara Burung Cendet

bibitunggul.co.id – jika ingin memelihara, dibutuhkan perawatan khusus untuk bisa menjinakkan cendet. Sobat Agri harus telaten dalam merawatnya, sebab burung ini berubah menjadi ganas jika kelaparan.

Burung cendet atau masyarakat biasa menyebutnya dengan burung kelabu adalah salah satu burung kicau yang cukup populer. Dalam habitat aslinya, burung ini termasuk predator.

Meski begitu, burung ini sebenarnya termasuk burung yang mudah beradaptasi di lingkungan baru. Lantas bagaimana cara merawat burung cendet yang benar? Berikut ini ulasannya.

Hal yang harus diperhatikan ketika merawat burung cendet

1. Menetralkan Birahi

jangan lupa juga untuk menjemur burung cendet ini maksimal selama 30 menit serta menambahkan jadwal mandinya menjadi lebih sering yaitu tiga hingga empat kali sehari.

Pada dasarnya hal yang wajar ketika burung cendet sedang birahi, tingkah lakunya menjadi lebih agresif. Namun perlu diingat jika polanya sudah berlebihan, kamu bisa memberikan cacing sebanyak dua ekor untuk dua kali seminggu.

2. Memberikan makanan yang sesuai

Sementara untuk makanan tambahannya bisa berupa belalang, kroto, kelabang, dan jangkrik. Namun pemberian makanan tambahan ini harus disesuaikan dengan kondisi burung tersebut.

Dalam memeliharanya, kalian harus memberikan jenis makanan yang sesuai. Pastikan makanan selalu tersedia di dalam tempat makan cendet. Untuk pakan utama bisa diberikan voer, yang terdiri dari protein sedang sekitar 18 persen.

3. Jadwal Harian

Salah satu bentuk rutinitas yang dilakukan adalah menjemur. Burung cendet perlu dijemur, usahakan jemur burung maksimal tiga jam sehari untuk mendapatkan sinar matahari.

Seperti yang telah disampaikan diatas, burung ini adalah hewan yang cukup sulit dijinakkan. Oleh karenanya kalian harus membuat jadwal kegiatan rutin, yang membuatnya burung ini menjadi terbiasa dengan sebuah rutinitas.

Kamu bisa melakukannya pada pagi hari seperti pukul 06.00, memindahkan kandang burung cendet ke luar rumah dengan kondisi angin yang bagus.

Rutinitas lainnya yaitu dengan memandikannya. Cara memandikan burung cendet, kamu cukup menyemprotnya dengan menggunakan spray. Mandikan cendet sebanyak dua hari sekali, agar cendet tetap merasa segar dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *