Cara Melakukan Metode Stek Lavender

bibitunggul.co.id – Melansir dari laman Balcony Garden Web, cara menanam lavender dengan distek adalah dengan memilih batang yang mapan dan kuat juga tampak sehat. Hal tersebut akan menjamin energi yang cukup untuk menumbuhkan akar yang kuat.

Bunga lavender terkenal dengan aromaterapinya yang menenangkan. Tanaman satu ini bisa diperbanyak dengan cara distek.

Adapun cara untuk menyetek lavender adalah dengan menggunakan gunting tajam atau pisang potong. Kemudian, potonglah batang sepanjang 4-6 inci tepat di bawah simpul daun pada sudut sekitar 45 derajat sehingga air dan nutrisi dapat mudah diserap.

Metode stek merupakan salah satu cara menanam lavender yang bisa membuatnya berkembang cukup banyak.

Cara menyetek lavender dilanjutkan dengan menyelupkan ujung potongan untuk perakaran dan tanam dalam pot berisi campuran awal benih.

Jangan mengambil stek yang terlalu kecil untuk mengamankannya dalam pot. Setelah itu, gundulkan semua bagian bawah 2-3 inci daun.

Sirami dengan baik dan letakkan pot di tempat yang bisa mendapatkan cahaya terang dan tidak langsung. Jika cuaca sangat sejuk, tutupi pot dengan plastik film atau polybag.

Gunakan penyemprot tanaman untuk menjaga agar stek tetap lembab secara merata. Stek akan mengembangkan akar dalam 2-5 minggu.

Suhu tanah yang baik untuk lavender adalah 75 F atau 24 derajat Celcius. Cara menyetek lavender akan berhasil tetapi hindari penyiraman yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *