Site icon Bibit Unggul

Bahan Alami Ampuh Basmi Tungau Di Rumah

bibitunggul.co.id – Tungau merupakan hewan kecil sejenis kutu yang suka bersarang di area lembab, tak terkecuali kasur yang kurang bersih. Bahkan, tungau juga susah dibasmi karena sulit dilihat oleh mata telanjang.

Kasur, sofa atau karpet merupakan tempat ternyaman bagi para tungau dan kawanannya. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gatal-gatal, bentol, hingga memicu yang terparahnya menyebabkan sesak napas serta gejala alergi lainnya.

Namun tenang saja, untuk membasmi tungau, kamu bisa menggunakan cara alami yang mudah untuk dilakukan. Berikut cara membasmi tungau dengan mudah.

Menggunakan bawang putih

Cara lain mengusir tungau bisa dilakukan dengan membuat jus bawang putih, kemudikan jus tersebut masukkan ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan ke kasur yang terdapat tungau.

Cara selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Caranya, kalian hanya meletakkan beberapa butir bawang putih ke area kasur tempat bersarang tungau.

Menggunakan garam

Kamu cukup siapkan air, garam, dan botol penyemprot bekas. Kemudian masukkan garam dan air ke dalam botol penyemprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur. Biarkan beberapa menit, lalu kalian bisa melihat hasilnya, tungau akan keluar dan mati.

Garam memang terkenal sebagai bumbu dapur, namun ternyata garam bisa kamu gunakan untuk membasmi tungau. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Menggunakan durian

apabila selesai memakan durian, ada baiknya kulitnya jangan langsung dibuang. Kalian cukup meletakkan kulit durian di kamar atau ruangan-ruangan lain yang berpotensi menjadi sarang tungau.

Kulit durian ternyata mempunyai manfaat untuk membasmi tungau. Hal tersebut lantaran aroma durian yang sangat kuat dan tidak disenangi oleh tungau. Bahkan, aroma dari kulit durian tersebut membuat tungau tidak nyaman dan bisa menyebabkan tungau mati.

Menggunakan cuka

Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan larutan cuka. Untuk cara yang satu ini kamu hanya memerlukan larutan cuka tanpa dicampur menggunakan air. Setelah itu, langsung semprotkan larutan cuka ke kasur tempat bersarang tungau.

Lalu tunggu beberapa menit terlebih dahulu. Membasmi tungau menggunakan larutan cuka sangat ampuh sebab tungau dan telur-telurnya akan mati.

Exit mobile version