Beberapa Sederet Makanan yang Bisa Merusak Kesehatan Ginjal

bibitunggul.co.id – Seperti diketahui, ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh yang berfungsi untuk membersihkan darah dan senyawa beracun. Oleh karena itu, penting nih bagi kamu memilih asupan makanan agar kesehatan ginjalmu pun tetap terjaga. 

Kasus gagal ginjal akut telah menyerang ratusan anak di Indonesia, meskipun penyakit misterius tersebut belum diketahui penyebab pastinya, namun alangkah baiknya kalian juga bisa menjaga pola makan sehat agar terhindar dari penyakit tersebut. 

Melansir Times of India berikut makanan yang dapat merusak kesehatan ginjal.

1. Daging olahan

Penelitian menunjukan, seorang yang banyak mengonsumsi protein hewani lebih banyak dibandingkan protein nabati bisa menyebabkan risiko penyakit ginjal lebih tinggi.

Daging olahan seperti sosis, smoked beef atau daging burger banyak disukai. Sama halnya dengan frozen food, daging olahan menawarkan cara masak yang praktis. Namun olahan ini menjadi ancaman yang cukup serius bagi kesehatan ginjal.

Sebenarnya tidak masalah untuk mengonsumsi beberapa makanan di atas. Asal tetap dalam porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan, sebab kesehatan adalah kunci utama untuk hidup bahagia.

2. Frozen food

Penelitian menunjukkan bahwa makanan olahan seperti frozen food menyebabkan risiko terkena diabetes tipe-2. Lambat laun seorang yang memiliki kadar gula tinggi bisa merusak kesehatan ginjal. 

Saat ini frozen food ramai diperjual belikan, sebab menjadi pilihan makanan yang praktis. Makanan dengan konsep frozen tidak perlu banyak waktu dalam pengolahanya. Biasanya cukup dengan digoreng dengan minyak atau sekedar dipanaskan dalam microwave. 

3. Kentang Goreng

Memang benar kentang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun jika diolah dan ditambahkan bumbu, tepung dan dimasak dengan cara digoreng hasilnya kentang tersebut tidak memiliki manfaat untuk kesehatan. Apalagi makanan yang digoreng akan meningkatkan risiko penyakit seperti ginjal dan jantung.

Camilan yang satu ini menjadi makanan favorit hampir setiap orang. Makanan yang tidak pernah terlewatkan saat memesan makanan di restoran cepat saji.

4. Mayones 

Bersamaan dengan itu, mayones memiliki kandungan tinggi lemak jenuh. Dalam satu sendok mayones mengandung tinggi kalori yaitu sekitar 103 kalori. 

Makanan yang satu ini kerap kali dijumpai dalam salad, sandwich atau sekedar cocolan. Meskipun dirasa hanya sebagai pendamping makanan, nyatanya bahan yang terkandung dalam mayones bisa membahayakan tubuh terutama ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *