Alasan Durian Disebut Raja Buah

bibitunggul.co.id – Siapa sih yang tak kenal durian?Durian adalah satu buah yang kerap memancing perdebatan di antara mereka yang menggemarinya dan mereka yang membenci.Bagaimanapun, durian tetap mendapat julukan yang hampir tidak bisa diganti oleh buah yang lain.Yakni, raja buah.Julukan durian sebagai raja buah ternyata punya alasan tersendiri.

Mengutip laman bobo.grid.id, alasan mengapa durian dijuluki raja buah tidak sekadar berkaitan dengan rasanya yang diklaim lezat bagi penggemarnya.Namun juga beberapa faktor yang lain.Berikut adalah alasan mengapa durian disebut sebagai raja buah.

  • Punya Banyak Manfaat

Meskipun banyak yang tidak suka dengan aroma buah durian yang menyengat, buah durian punya banyak manfaat.Buah durian mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk tubuh.Seperti vitamin B, C, dan E, dan juga kaya akan kalsium, magnesium, dan berbagai mineral lain.

  • Durian Memiliki ‘Mahkota’

Sebelum memakan durian, coba traveler lihat kulit yang ada di sekitar pangkal batang buah durian.Duri-duri yang mengelilingi pangkal batang durian terlihat seperti mahkota yang biasa digunakan oleh para raja.Hal inilah yang menjadi satu di antara penyebab durian disebut raja buah.

  • Disukai Oleh si Raja Hutan, Harimau

Harimau, si Raja Hutan yang suka memakan daging ternyata juga menyukai durian.Karena hal ini, durian kemudian disebut sebagai steak of fruit atau buah yang menyerupai daging yang biasa dimakan harimau.

  • Durian Memiliki Rasa Yang ‘Kaya’

Alfred Russel Wallace, seorang naturalis pernah mengatakan kalau durian mempunyai rasa yang ‘kaya.’Rasa yang ‘kaya’ ini digambarkan seperti puding atau mentega yang kaya rasa dengan taburan kacang almond.Selain itu, ada juga rasa mirip krim keju, saus bawang, cokelat, dan rasa lainnya.Bagi sebagian orang, durian memang punya rasa yang nikmat.Namun, tak sedikit pula yang tidak tahan dengan aromanya yang menyengat.Buat traveler yang suka menyantap durian, sebaiknya jangan terlalu banyak.Sebab, selain mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh, durian tetap memiliki kadar gula yang tinggi