Fakta Menarik Tentang Durian Yang Harus Anda Ketahui..

bibitunggul.co.id – Banyak yang belum mengetahui faktamenarik tentang durian. Nah.. kali ini bibitunggul.co.id akan membahas beberapa fakta menarik tentang durian.. Yuk simak
1. Buah durian merupakan buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan dianggap sebagai raja dari semua buah-buahan.
2. Durian diyakini berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Kemudian buah ini semakin lama menyebar ke Malaysia dan juga di Thailand, Filipina Selatan, New Guinea, India, Sri Lanka, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya.
3. Durian telah ada di kawasan Asia Tenggara sejak zaman prasejarah, namun buah durian baru dikenal oleh dunia barat sekitar 600 tahun terakhir.
4. Istilah durian telah berasal dari kata Melayu duri. Hal ini karena bentuknya yang tebal dengan kulit berduri yang hampir mirip dengan buah nangka.
5. Hanya ada tiga negara di dunia yang mampu menghasilkan durian dengan kualitas terbaik. Indonesia, Brunei dan Malaysia sudah diakui oleh seluruh masyarakat internasional sebagai negara asal buah durian
6. Banyak yang nggak tahu kalau buah berduri yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. durian yang khas dengan wangi menyengat ini ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Sekarang, ada ratusan varian durian tersebar di seluruh dunia, termasuk di Thailand yang berhasil mengembangkan 300 varian durian.
7. Saat ini, Thailand merupakan pengekspor buah durian terbesar. Sebagai produsen durian terbesar di dunia, di Thailand selalu diadakan festival dan karnaval selama sembilan hari untuk memperingatinya
8. Nama Durian ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya yang juga populer adalah duren. Orang Sunda menyebutnya kadu.
9. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit).
10. Buah ini bisa tumbuh sampai sepanjang 30 sentimeter dengan diameter 15 sentimeter, dan biasanya dengan berat 1-3 kilogram. Bentuknya beragam, mulai dari lonjong sampai bulat, dengan warna kulit hijau tua sampai coklat dan dengan warna daging kuning muda sampai ke merah orange, tergantung dari spesies masing-masing buah tersebut.
11. Durian terutama dipelihara orang untuk buahnya, yang umumnya dimakan (arilus atau salut bijinya) dalam keadaan segar. Salut biji ini umumnya manis dan sangat bergizi karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein dan mineral
12. Pohon durian dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 50 meter, memiliki umur panjang dan dapat hidup selama berabad-abad.
13. Kualitas buah durian terbaik biasanya didapat dari pohon durian yang sudah tua. Pohon durian mampu berbuah setelah 4-5 tahun dan musim berbuah mulai dari bulan Mei sampai Oktober
14. Pemanenan buah durian sebaiknya menunggu buah jatuh dari pohon dan kemudian mematangkannya untuk 2-4 hari ke depan sebelum dimakan. Ini adalah waktu ketika buah durian akan menjadi terasa lezat.
15. Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.
16. Buah durian menarik adalah rasanya yang enak disamping juga baunya yang menyengat. Bau durian yang menyengat menyebabkan beberapa orang merasa jijik dan mual, karena baunya yang menyesakkan.
17. Banyak orang menganggap buah durian sebagai buah yang enak. Masyarakat sering menyebutnya “raja buah-buahan”. Akan tetapi sebagian orang tidak tahan akan baunya dan menganggapnya berbau busuk.
18. Bau khas durian yang tidak menyenangkan ini juga kadang menjadi sebab mengapa durian dilarang dibawa masuk ke tempat umum seperti hotel dan pesawat terbang.
19. Masyarakat yang tidak menyukai buah ini bahkan saat dipaksa menikmatinya bisa muntah atau langsung dibuang buah tersebut. Apa yang sebenarnya masyarakat ada yang tidak menyukai buah berduri ini.
20. Di negara besar seperti Amerika dan Eropa sebagian besar masyarakatnya menolak buah durian ini. Buah berduri ini bahkan dianggap ancaman masyarakat disana.
21. Dalam restoran-restoran di Amerika dan Eropa bahwa adanya larangan yang menyebutkan “No Durians”. Dan lebih uniknya lagi memakan buah durian menjadi suatu ajang tantangan untuk keberanian bagi masyarakat di sana. Bagi mereka yang mampu memakan durian bahkan bisa mendapat penghargaan atau pengakuan orang hebat di negara tersebut.
22. Cita rasa durian yang terbatas bagi orang indonesia yaitu manis, sedikit pahit dan legit. Sedangkan bagi lidah orang luar, buah durian memiliki cita rasa yang lebih beragam yaitu buah seperti puding dengan daging buah yang pulen serta diperkaya rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur dan bermacam rasa unik lainnya.
23. Nama lain durian adalah duren (Jawa, Gayo), duriang (Manado), dulian (Toraja), rulen (Seram Timur).
24. Di daerah Bengkulu durian menjadi masakan terfavorit, masakan asli dari bengkulu yang terbuat dari durian adalah Tempoyak. makanan yang paling lezat.
25. Buah durian terdiri dari berbagai jenis khususnya di Indonesia dari berbagai daerah mempunyai buah durian yang mempunyai perbedaan masing-masing baik dari rasa, ketebalan daging maupun khas dari daerah itu sendiri.
26. Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Dikatakan bahwa kandungan nutrisi durian berkelas “bintang lima”
27. Seorang naturalis Inggris, Alfred Russel Wallace, pernah mengatakan bahwa durian merupakan buah seperti puding yang diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik.
28. Buah durian adalah sumber yang baik dari karbohidrat, protein, serat makanan dan energi. Buah ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, C dan E, serta dengan asam amino.
29. Buah durian kaya akan fitonutrien, antioksidan dan juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang dapat membuat suasana hati seseorang menjadi nyaman.
30. Buah durian mengandung salah satu jenis Amino asid, trypthopan yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin (semacam hormon pembawa rasa kantuk) sehingga dapat menghilangkan stress
31. Banyak yang beranggapan kalau buah durian tinggi akan kalori, akan tetapi durian hanya memiliki 50kcal saja.
32. Masyarakat luas percaya bahwa durian bisa menyebabkan penyakit kolesterol tinggi. Faktanya Sesungguhnya belum ada di dunia ini tanaman yang menghasilkan kolesterol. Bahkan sebenarnya 80% kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita sendiri, 20% sisanya berasal dari lemak hewani.
33. Buah durian sebenarnya kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti penangkal antioksidan yaitu vitamin C, B kompleks untuk persendian, dan pottasium untuk stamina. Durian juga mengandung dengan Kalsium dan Phosporus
34. Perbiji durian (satu ulas) mengandung 10g gula. Ini cukup rendah dari pada anda mengkonsumsi minuman ringan kalengan
35. Durian dapat memanaskan badan anda, jadi bagi yang mempunyai darah tinggi atau kolesterol kurangi memakan durian secara berlebihan
36. Karena dapat memanaskan badan pada fakta diatas, berakibat pula kepada tingkat libido yang meningkat seiring dengan peredaran darah yang semakin cepat.
37. Penerapan jus yang dibuat dari daun durian di atas kepala orang yang menderita demam dapat meringankan sakit.
38. Biji buah durian juga dapat dimakan, mungkin juga dapat dibuat sebagai keripik.
39. Dari bijinya, kita dapat merebus atau membakarnya dan dapat dijadikan cemilan sehat karena mengandung pati yang sangat tinggi. Tapi perlu diingat, tidak diperbolehkan memakan biji mentah dari buah yang berasal dari genus Durio ini, karena asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terkandung dalam biji durian bersifat racun bagi tubuh.
40. Kulit durian dipercaya mampu untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid. Selain itu kulit durian dapat dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.
41. Selain buah, biji, dan kulit, akar durian dapat dimanfaatkan untuk obat penurun demam dan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku) dengan cara dicampur dengan Jeringau (Acorus calamus).
42. Phytonutrient Merupakan zat alami yang banyak terdapat pada durian, dan pada kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Meski belum dapat diidentifikasi secara gamblang (intangible) namun diakui zat ini memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat.
43. Phytonutrient ditengarai mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan risiko terhadap penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan hipertensi.
45. Durian banyak mengandung zat antioksidan dan polyphenol yang dikatakan memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Sedangkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin (vitamin C) maupun non-vitamin.
46. Umumnya kandungan vitamin C pada durian berkisar dari 22.9-107, bahkan dari analisa yang dilakukan Balitbu Tropika Kementerian Pertanian RI, dijumpai ada durian yang mengandung sampai 200 mg/100 gram daging buah. Ini merupakan angka tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.
47. kandungan Tryptopan yang dikenal memiliki efek ‘feel good’ bagi yang mengonsumsi durian. Zat ini merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk Serotonin, Melatonin dan Niacin yang dapat digunakan untuk mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stres, rasa sakit, dan lain-lain.
48. Durian mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat, durian secara instan, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengonsumsinya. Jika dibandingkan dengan apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.
49. Buah durian lembut dan mudah dicerna. Gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa dan lemak sederhana pada durian dapat mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan cepat. Durian dapat digunakan sebagai makanan suplemen untuk anak-anak yang kekurangan berat badan.
50. Durian kaya akan serat makanan, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan dan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.
51. Meskipun banyak manfaatnya, Anda sebaiknya tidak memakan durian secara berlebihan. Mengonsumsi 100 gram durian sudah cukup untuk memenuhi semua nutrisi yang Anda butuhkan.
52. Untuk mencegah sakit perut setelah mengonsumsi durian, Anda dapat mengombinasikannya dengan buah manggis. Bila durian adalah “raja buah” maka manggis adalah “ratunya”. Zat tertentu pada manggis dapat mencegah sakit perut setelah mengonsumsi durian.
53. Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya. Kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan merangsang metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur (dikenal juga dengan “nature’s sleeping pill”).
54. Bagi perokok aktif yang ingin berhenti, manfaat buah durian bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin B6, B12, magnesium serta kalium yang membantu tubuh untuk menghilangkan efek ketagihan nikotin
55. Bagi penggemar durian, agar tidak menimbulkan hal-hal tak menyenangkan dengan orang yang tak menyukai bau durian, ada cara gampang untuk menghilangkan bau durian di jari-jari tangan dan mulut. Bersihkan jari tangan dengan mengaduk-aduk air di dalam pangsa durian (yakni ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan air adukan tersebut jangan dibuang, tetapi digunakan untuk berkumur
56. Durian dianggap sebagai makanan panas, dan sehabis makan durian biasanya tubuh kita akan berkeringat. Untuk mengatasinya, tuangkan air tawar pada bagian kulit buah yang telah kosong, lalu diminum.
57. Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika Anda mengonsumsinya bersama dengan minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.