Kelebihan Kopi Biji Kuning Asal Garut

bibitunggul.co.id – Sejak dulu, Kabupaten Garut dikenal sebagai daerah penghasil kopi dengan kualitas yang baik dan memiliki cita rasa yang khas. Namun karena kurangnya perhatian serta dukungan pemerintah setempat, pada akhirnya kopi asal Garut legalitasnya malah diambil daerah lain termasuk Bandung.Namun, hingga saat ini kopi dari Garut ini tidak ada yang diekspor ke luar negeri. Salah satu alasannya, ada kekhawatiran kalau kopi dari Garut itu nantinya akan dirubah menjadi merk luar.

“Kopi kuning ini keunggulanganya lebih tinggi dari arabika. Kkeduanya tahan penyakit dan harum kopinya lebih tajam,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga, di Garut, dilansir Antara, Senin (28/1/2019).Ia mengungkapkan, selama ini kopi biji kuning baru ditanam di kawasan hutan Cisurupan, Cikajang, dan Cikandang dengan luas lahan sampai 100 hektare. Harga jual kopi tersebut, sambung dia, lebih tinggi dibandingkan jenis kopi lainnya yang siap seduh.

“Nanti Kementerian Pertanian akan mengeluarkan sertifikat sebagai kopi ciri khas Garut yang siap dijual ke pasaran,” ujarnya.Ia menuturkan, Kabupaten Garut memiliki banyak jenis hasil perkebunan, termasuk kopi di antaranya kopi biji kuning yang baru dibudidayakan oleh sebagian petani di beberapa kecamatan.