Khasiat Daun Sirsak Untuk Penyakit Kanker

bibitunggul.co.id – Salah satu hasil riset terkait dengan sirsak adalah yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa daun sirsak (Annona muricata) manjur mengatasi berbagai penyakit kanker, antara lain kanker paru-paru, ginjal, pankreas, dan usus besar. Keampuhan sirsak ini tak lain karena ditemukan kandungan senyawa aktif yang dikenal dengan sebutan acetogenins.Dari berbagai laporan diketahui bahwa acetogenins dapat menghambat ATP (adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi kanker untuk berkembang. Cara kerjanya adalah acetogenins masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding  mitokondria. Akibatnya, sel kanker berhenti berkembang karena produksi energinya dihentikan.

Yang membuat istimewa senyawa aktif acetogenins adalah bersifat selektif, yaitu hanya menyerang sel kanker dan tidak menyerang sel-sel normal dalam tubuh. Selama ini upaya pengobatan kanker dilakukan dengan teknik kemoterapi. Teknik ini merupakan cara pengobatan kanker dengan memasukkan obat tertentu yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker. Namun, kini kemoterapi bisa digantikan dengan ramuan daun sirsak. Hal ini sesuai  dengan The Journal of Natural Product yang memaparkan hasil riset sejumlah peneliti dari AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak dapat membunuh selsel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi.

  • Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Kanker

Berikut ini adalah bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk kanker yang bisa anda praktekan dan lakukan sendiri dirumah. Namun sebelumnya anda berkonsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi ramuan daun sirsak ini :

Cara Direbus

  • Jika anda ingin mengolahnya dengan cara direbus maka siapkan 10-15 lembar daun sirsak lalu kemudian cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Selanjutnya silahkan anda panaskan air sebanyak 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, lalu masukkan daun sirsak, kemudian tunggu hingga menguap dan tersisa air rebusan sebanyak 1 gelas.
  • Ada baiknya anda melakukan perebusan menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga.
  • Minumlah air rebusan daun sirsak selagi hangat secara rutin 3-4 kali sehari, saat pagi, siang, sore dan malam.

Cara Dikeringkan

  • Selain direbus secara langsung, daun sirsak juga bisa dikeringkan dibawah terik sinar matahari dengan ditutupi kain hitam agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung sehingga kandungan senyawa didalamnya tidak rusak.
  • Jika sudah kering rebus 10-15 daun sirsak ke dalam 400 cc air (2 gelas) di atas api kecil tunggu hingga menguap dan air tersisa 1 gelas.
  • Seperti biasa minum rebusan air daun sirsak selagi hangat secara rutin 3-4 kali sehari, saat pagi, siang, sore dan malam.