Manfaat Limbah Ampas Tebu Bagi Manusia

     Tebu sendiri memiliki bentuk yang mirip seperti tanaman bambu dan merupakan tanaman yang masuk ke dalam jenis rerumputan. Tanaman tebu masa panennya kurang lebih 1 tahun setelah ditanam. Tebu sendiri banyak ditemui di daerah Sumatra dan juga Jawa.

Manfaat-manfaat dari limbah tebu tersebut adalah sebagai berikut.

Sebagai bahan untuk kertas

Melalui proses selulosa bio-engineering dalam pulp, kertas dan karton tahan air dapat diproduksi. Pembuatan kertas digunakan lilin umum atau lapisan plastik yang tidak bisa didaur ulang, tetapi kertas membuat ampas tahu ini ramah lingkungan. Kertas dari tofu dapat membusuk dan hancur, juga dapat didaur ulang kembali ke dalam kardus dan kertas tahan air.

Pembangkit listrik

Dari kebutuhan listrik di pabrik gula biasanya mengambil energi bahan bakar dari ampas tebu. ampas tebu kering mengandung 47% Karbon, Hidrogen 6,5%, Oksigen 44%, Abu 2,5%. Menurut rumus Pritzelwitz setiap kilogram pulp dengan kadar gula 2,5% memiliki panas 1825 kkal. Nilai meningkat jika kadar air bahan bakar dan residu gula kurang. Semakin ampas tebu kering, itu akan lebih efektif dan menghasilkan energi bahan bakar yang besar.

Kompos

Dari penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor, data yang diperoleh dari ampas tebu yang kompos dapat meningkatkan penyerapan nitrogen secara signifikan setelah tiga bulan dibandingkan dengan tanaman tanpa kompos. Tetapi tidak ada peningkatan yang signifikan dalam penyerapan fosfor, kalium dan sulfur. Penggunaan kompos tidak meningkatkan laju pertumbuhan, tinggi, diameter tanaman, namun diperkirakan untuk meningkatkan hasil tebu.

Pakan ternak

Sementara ini masih peternak jarang yang menggunakan ampas tebu sebagai pakan ternak karena kandungan ligninnya tinggi, protein rendah, dan serat yang terlalu kasar. Namun, melalui proses fermentasi dengan menambahkan beberapa bahan seperti probiotik, ampas tebu bisa lebih berkualitas dan mudah dicerna. Ampas tebu sistem fermentasi bersama-sama dengan sedotan.Banyak manfaat tofu. Jika Anda memiliki bisnis yang melibatkan produksi tanaman tebu, maka Anda perlu untuk menyimpan ampas tebu dan membawanya ke pabrik yang menggunakan untuk digunakan sebagai lebih berguna. Tindakan daur ulang yang lebih ramah lingkungan daripada harus membakar dan merusak atmosfer bumi.

Campuran dalam pembuatan paving block

Beberapa penelitian baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa manfaat limbah tebu ini juga berguna sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan paving block. Dengan menggunakan bahan campuran limbah tahu dalam pembuatan paving block, maka dinilai lebih ekonomis dan juga dapat menekan biaya produksi. Hal ini dikarenakan limbah tebu mudah diperoleh dan juga tidak membutuhkan biaya yang besar.

Pembuatan silica gel

Silica gel merupakn salah satu gel yang kenyal dan biasanya digunakan untuk menyerap racun dan juga udara kotor. Silica gel dapat anda temukan pada produk makanan dan juga toples baru, yang fungsinya adalah untuk menyerap udara kotor dan kuman yang terdapat pada produk tersebut. Ternyata ada beberapa penelitian lainnya yang ternyata mengatakan bahwa manfaat limbah tebu juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan silica gel tersebut.

Pembuatan tisu

Manfaat lain dari limbah tebu yang baru-baru ini ditemukan adalah sebagai salah satu bahan dasar dan juga bahan baku dari pembuatan kertas tisu. Seperti kita ketahui, biasanya tisu dibuat dengan menggunakan batang pohon dan juga serat pohon seperti manfaat serat kapas dan manfaat serat bambu. Namun ternyata tisu pun juga dapat dibuat dengan menggunakan limbah tebu. Hal ini merupakan salah satu berita baik, karena dapat mengurangi penebangan liar dari pohon untuk pembuatan kertas tissue dan tentu saja tetap dapat membantu menjaga kelestarian alam.

Sebagai bahan bakar

Secara logika, ketika limbah tebu atau bagasse ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler pada pabrik gula, berarti bagasse ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar rumah tangga juga. Namun demikian, sepertinya masih cukup jarang masyarakat yang menggunakan limbah dari tebu ini sebagai bahan akar rumah tangga, karena fungsinya sudah tergantikan oleh manfaat gas alam dan juga gas LPG.

 

Itulah manfaat dari limbah tebu atau yang biasa dikenal dengan istilah bagasse. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai pemanfaatan dari lmbah, dan semoga dapat menginspirasi anda untuk membuat penemuan baru yang berguna dari limbah tebu