Manfaat Penting Kacang Kenari Untuk Kesehatan

bibitunggul.co.id – Makanan yang paling sederhana dan terbaik untuk kesehatan, dalam hal ini tentunya kacang, di mana alam telah menghadirkan sebuah paket makanan yang hampir sempurna yang terdiri dari protein, lemak yang sehat, serat, sterol tumbuhan, antioksidan, dan banyak vitamin dan mineral. Di antara kacang-kacangan, kenari adalah rajanya karena penelitian menunjukkan kenari dapat meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara yang sangat mudah untuk mencapai “dosis”. Dengan hanya memakan satu ons kenari per hari (yaitu sekitar tujuh buah kacang kenari) akan memberikan hasil yang menguntungkan.

Kenari adalah salah satu manfaat yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kenari setiap hari dapat membantu memperbaiki pembuluh darah pada penderita diabetes. Manfaat kenari bagi penderita diabetes antara lain:

Fungsi Endotel Meningkat

Sel endotel pembuluh darah merupakan satu lapis sel yang terletak di antara aliran darah dan jaringan. Sel endotel menjadi salah satu sasaran ketika penyakit diabetes mulai menjalar dan menyerang pembuluh darah. Jika sel ini berfungsi baik, pembuluh darah penderita diabetes terlindungi.

Mencegah Plak Di Arteri

Kandungan asam alfa linolenat yang terdapat di dalam kenari berfungsi untuk melindungi arteri dan melawan terjadinya plak di arteri. Kenari juga mengandung asam amino yang disebut L-arginin yang tinggi. Kandungan ini membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.

Tidak Membuat Berat atau Lingkar Pinggang Bertambah

Kandungan protein dan serat dalam kenari tidak membuat tubuh Anda menjadi melar karena kudapan kacang-kacangan setiap hari.

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi adalah disfungsi seksual dimana pasien tidak mampu untuk mengembangkan atau mempertahankan ereksi penis selama berhubungan seksual. Masalah ini dapat disebabkan karena diabetes, hipertensi, kadar kolesterol tinggi dalam darah, penyakit pembuluh darah perifer dan masalah jantung yang terkait dengan disfungsi ereksi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kacang kenari dapat meningkatkan parameter fungsi ereksi dan profil lipid serum pada pasien yang menderita disfungsi ereksi. Kacang kenari kaya akan protein nabati, serat makanan dan terutama zat antioksidan. Sehingga konsumsi kacang kenari diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jaringan penis sehingga meningkatkan kemampuan ereksi.Pria yang menambahkan 75 gr (sedikit lebih dari satu-setengah cangkir) kenari setiap hari secara nyata mengalami peningkatan kualitas sperma, termasuk vitalitas, kecepatan gerak, dan bentuk sperma.

Mencegah Kanker Payudara dan Penyakit Jantung

Studi sebelumnya telah mengaitkan antara konsumsi kacang kenari dengan manfaat perlindungan pada jantung. Kacang kenari kaya akan asam lemak tak jenuh dan memiliki kadar asam lemak jenuh yang rendah.Konsumsi kacang telah dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Orang yang makan kacang paling sedikit 5 kali per minggu akan mengurangi risiko hingga 50 persen.

Antioksidan Yang Kuat dan Unik

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan, karena memerangi radikal bebas di jantung yang rusak akibat penuaan.Kenari mengandung beberapa antioksidan yang unik dan kuat yang hanya tersedia dalam beberapa makanan yang biasa dimakan, yaitu juglone kuinon, tellimagrandin tanin, dan morin flavonol.Peneliti menyebut kenari adalah “luar biasa” karena mengandung antioksidan yang sangat kuat untuk memerangi radikal bebas, dan penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol kenari dapat mencegah kerusakan hati akibat bahan kimia.

Pada penelitian lain menunjukkan bahwa kacang-kacangan, terutama kenari, memiliki kekuatan antioksidan yang kuat. Polifenol kenari memiliki khasiat terbaik di antara kacang yang diuji dan juga memiliki aktivitas tertinggi antioksidan yang berikatan dengan lipoprotein. Para peneliti menyimpulkan:
“Kacang-kacangan mengandung antioksidan polifenol yang tinggi yang berikatan dengan lipoprotein yang akan menghambat proses oksidatif penyebab aterosklerosis in vivo (dalam sel). Penelitian pada manusia yang diberi makan kacang terbukti meningkatkan profil lemak, meningkatkan fungsi endotel dan mengurangi peradangan, tanpa menyebabkan penambahan berat badan”.

Mengendalikan Berat Badan

Menambahkan kenari dalam makanan akan menjaga berat badan Anda yang ideal dari waktu ke waktu. Dalam satu tinjauan dari 31 percobaan, mereka yang makan kacang tambahan atau menggantikan makanan lain dengan kacang mengalami penurunan berat badan sekitar 6,3 kg dan 12,7 cm dari lingkar pinggangnya. Makan kenari setelah tiga hari akan meningkatkan rasa kenyang.


Mengapa Anda Harus Makan Kulit Kenari

Bila lapisan terluar dari kenari dikupas – tampak bagian yang berwarna keputihan, bersisik (atau kadang-kadang lilin) dan terasa pahit, tapi Anda harus menahan diri untuk tidak membuangnya karena hingga 90 persen antioksidan dalam kenari ditemukan di kulitnya, membuatnya menjadi salah satu bagian yang sehat untuk dikonsumsi. Untuk meningkatkan dampak positif pada kesehatan Anda, makanlah kacang organik dan mentah, tidak diradiasi atau dipasteurisasi.

Kenari sangat mudah rusak dan lemak sehat yang terkandung di dalamnya mudah rusak. Jika Anda membeli kacang kenari dalam jumlah besar, hindari kenari yang keriput, bau tengik, atau yang tidak segar. Kenari harus disimpan dalam wadah kedap udara dalam lemari es atau mesin pembeku, dalam keadaan dengan atau tanpa kulit. Kenari adalah camilan yang enak dan siap saji. Tapi jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda masih mendapatkan khasiatnya dengan mencampurkannya ke dalam smoothies.

Anda dapat lebih meningkatkan kualitas kenari dengan cara merendamnya dalam air semalaman, yang akan menurunkan beberapa enzim penghambat dan asam fitat. Setelah perendaman, kenari dikeringkan pada suhu rendah sekitar 40,5 – 43,3 derajat Celcius sampai kenari renyah kembali, karena kenari yang renyak terasa jauh lebih enak.(Epochtimes/Vivi/Yant)