Manfaat Tanaman Pepaya Sebagai Pengobatan Herbal

bibitunggul.co.id – Pepaya merupakan salah satu buah segar yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain rendah lemak, buah yang termasuk dalam famili caricaceae ini kaya akan vitamin A, zat besi, fosfor, kalium, protein, dan karbohidrat.Buah asal Meksiko yang sering disebut berkhasiat sebagai nutrisi anti kanker ini memiliki sejumlah manfaat yang mampu memproteksi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Daging pepaya yang lembut banyak membantu orang untuk melancarkan BAB, obat bekas gigitan ular berbisa, obat demam dan malaria, mengatasi konstipasi, melawan cacing dan parasit dalam tubuh, dan lainnya.

Efek farmakologis dari daun tanaman papaya, antara lain membantu menghilangkangkan nyeri haid pada wanita, mengobati jerawat, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, serta mengobati demam berdarah. Sementara itu, buah pepaya yang masih mengkal berkhasiat sebagai pencahar ringan (laksatif ), peluruh urine (diuretic), melancarkan ASI (galaktagog), dan abortivum. Selain itu, Daging pepaya yang lembut banyak membantu orang untuk melancarkan BAB, obat bekas gigitan ular berbisa, obat demam dan malaria, mengatasi konstipasi, melawan cacing dan parasit dalam tubuh, memacu enzim pencernaan, peluruh empedu (kolagoga) menguatkan lambung, dan anti-scorbut.

  • Pemanfaatannya Dan Bagian Yang Digunakan

Bagian dari tanaman pepaya yang dapa digunakan sebagai obat adalah biji, akar, daun, dan buahnya. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman papaya untuk mengobati penyakit.

  1. Kulit melepuh karena panas

Toreh atau potong-potonglah kulit buah pepaya. Tampung getahnya, lalu oleskan ke kulit yang melepuh. Diamkan selama sehari semalam. Jika bagian yang melepuh cukup luas, parut daging buah pepaya, lalu tempelkan.

  1. Malaria dan demam

Petiklah daun pepaya muda. Tumbuk daun hingga menjadi setengah gelas, lalu tambahkan ¾ gelas air dan sedikit garam. Peras campuran itu, lalu saring. Minum cairan ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan pengobatan 5 hari berturut-turut.

  1. Digigit ular berbisa

Ambillah 5 jari akar pepaya. Bersihkan akar, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan akar yang telah halus pada bagian yang terkena gigitan, lalu balut. Gantilah ramuan 2 kali sehari.

  1. Cacing gelang

Sediakan 2 sendok makan biji pepaya. Giling biji hingga halus, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Tambahkan ramuan dengan 1 sendok makan madu. Minumlah cairan ini panas-panas.

  1. Jerawat

Jemur 2—3 daun pepaya yang sudah tua sampai layu, lalu tumbuk halus. Tambahkan 30 ml air kemudian aduk merata. Gunakan ramuan sebagai masker.