Beberapa Ramuan Herbal yang Cocok Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

bibitunggul.co.id – Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar badan tetap fit adalah dengan menjaga pola makan. Selain itu, ada juga beberapa ramuan herbal yang bisa kamu buat sendiri dirumah.

Musim hujan memang terkadang membuat daya tahan tubuh dapat dengan mudah menurun, sehingga dapat membuat seseorang gampang terserang penyakit.

Secara umum, herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang memiliki kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Berikut ini enam ramuan herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

1. Ramuan Kencur

Herbal selanjutnya adalah kencur. Bahan yang digunakan yaitu kencur yang sudah dikupas (500 gram), beras (100 gram), daun pandan (3 lembar), gula aren (secukupnya), dan air (2300 ml).

Cara membuat:

Sangrai beras hingga kekuningan. Kemudian haluskan beras, kencur, dan gula. Setelah halus, masukkan ke dalam air hingga mendidih, kemudian tambahkan pandan dan saring. Minum dua kali sehari.

2. Ramuan Kunyit

Rimpang berwarna kuning kemerahan ini, sudah sering disajikan sebagai jamu. Sekarang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan yaitu kunyit (1 ruas), lengkuas (1 ruas ibu jari), jeruk nipis (1), air (3 cangkir), dan gula merah (secukupnya).

Cara membuat:

Cuci bersih semua bahan, memarkan kunyit dan lengkuas. Kemudian rebus air hingga mendidih dan masukan semua bahan, tunggu kira-kira hingga tinggal setengahnya dan matikan api. Saring setelah dingin. Minum dua kali sehari sebanyak masing-masing 1 cangkir.

3. Ramuan Pegagan

gotu kola, asiatic pennywort, centella asiatica, ayurveda herbal medicine

Bahan yang digunakan yaitu pegagan (1 jumput), jahe merah (1 ruas ibu jari), temulawak (1 iris), air (1,5 gelas), dan gula aren (secukupnya).

Cara membuat:

Cuci bersih pegagan, kemudian rebus air hingga mendidih, masukan pegagan dan kecilkan api. Tunggu sampai air tersisa kira-kira 2 gelas, kemudian saring dalam keadaan dingin dan tambahkan perasan jeruk nipis agar lebih segar. Minum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Namun perlu diingat ya Sobat Agri, kondisi tubuh seseorang berbeda-beda. Oleh karena itu jika kamu memiliki penyakit atau alergi tertentu alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dnegan dokter.

4. Ramuan Bawang Putih

Saat COVID-19 melanda, ramuan ini sempat booming. Khasiat bawang putih memang banyak dipercaya masyarakat. Kalau kamu mau coba, siapkan bawang putih tunggal/lanang (2 butir), air hangat (1 gelas), dan madu (secukupnya).

Cara membuat:

Bawang putih yang sudah dicuci bersih kemudian dimemarkan sampai halus, campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan madu, aduk hingga larut. Diminum 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *